Selasa, 29 Maret 2016

Vetsin alias mecin atau MSG SANGAT BAHAYA KALAU ANDA MAKAN TANPA BACA ARTIKEL INI !

Vetsin alias mecin atau MSG SANGAT BAHAYA KALAU ANDA MAKAN TANPA BACA ARTIKEL INI ! - Hallo sahabat begini caranya, Sharing kali ini berjudul : Vetsin alias mecin atau MSG SANGAT BAHAYA KALAU ANDA MAKAN TANPA BACA ARTIKEL INI !, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat temans pahami dan bermanfaat buat teman teman semua, kalo bermanfaat jangan lupa di share biar banyak yang tau.

Vetsin alias mecin atau MSG SANGAT BAHAYA KALAU ANDA MAKAN TANPA BACA ARTIKEL INI !




"Jangan pakai mecin, bahaya, nanti bego...atau jangan pakai mecin ga bagus bagi tubuh...atau jangan pake mecin nanti sakit loh" Dan masih banyak lagi argumentasi seperti ini disekeliling kita.

Monosodium glutamat alias MSG alias mecin ini kita kenal sebagai salah satu bahan penguat rasa yang digunakan oleh buibu 😅 ketika memasak. Apalagi yang biasa kuat gurih, ngga lepas dari bahan yang satu ini. Penggunaan MSG ini masih simpang siur gitu, semacam perdebatan tiada akhir karena setiap ditanya kenapa pasti jawabnya "kata si a, kata tetangga saya dan katanya" karena galau, ya terpaksa ikutan ga pake mecin. Nih ulasannya;

Monosodium glutamat adalah bahan yang mengandung sodium (alias natrium), glutamat dan air. Ketiga bahan tersebut adalah zat gizi. Di sana ada kata sodium, nah sodium ini sama saja dengan natrium. Dan tau natrium ada di mana? Garam! Jadi, kalo garam itu (NaCl) alias natrium klorida nah mecin ini natrium glutamat. Bedanya yang satu klorida, yang satu glutamat.

Glutamat ini apa yaa?

Glutamat ini asam amino non-esensial. Dia bisa diproduksi dalam tubuh, Perannya dalam tubuh adalah untuk metabolisme fungsi otak dan otot. Jadi di tubuh manusia itu ada 20% protein. Nah 20% dari protein tersebut adalah kandungan glutamat. Ga cuma di dalam tubuh tapi kandungan glutamat ini bisa didapatkan di ikan, sayur, buah dan bahkan ASI!

MSG ini dibuatnya dari apa?
Biasanya tebu, ada juga yang dari ekstrasi lobak, singkong dan gandum. Bahan alami. Gula juga dari tebu. Tepung juga dari gandum kan yah. Jadi si tetes tebu atau singkong ini difermentasi pake bakteri Brevi-bacterium lactofermentum, terus ditambahin garam biar mengkristal deh. Makanya yang kita liat mecin ini kaya bubuk kristal gitu kan yah.

# Manfaat MSG
kandungan sodium di 5 gram garam setara 2000 mg mecin atau MSG, sementara 5 gram MSG sodiumnya hanya 600 mg. Makanya, penggunaan mecin ini baik untuk menggantikan garam bagi penderita hipertensi karena sodiumnya lebih kecil. Ditambah lagi, glutamat itu bikin gurih. Gurih itu menguatkan rasa, jadi lebih enak. Mecin bisa dijadikan bahan untuk penambah nafsu makan.

Manfaat lain, MSG meningkatkan cairan ludah jadi gampang menelan (Schiffman S and Miletic I, 1999; Hodsom N and Linden R, 2006) dan meningkatkan cairan lambung lho! (Vasilevskaia L, et. Al 1993), Jadi makanan lebih sempurna dicerna dan buat yang ada masalah lambung aman mengkonsumsi mecin

# Dosis MSG
U.S Food and Drug Administration (USDFA), dianjurkannya kita konsumsi mecin itu 1,5 gram perhari. Itu sebanyak apa sih? Menurut sampling, Bang Ijul, tukang bakso, akan memberikan 0,5 gram mecin dalam satu mangkok. Berarti kalau kita makan 3 mangkok bakso dan kuahnya dihabiskan, baru tuh kita makan 1,5 gram mecin.
Pernah liat mecin merek S**a yang paling kecil kemasannya? Itu kan 5 gram. Nah, saya bakalan masukin itu semua kalo lagi bikin rendang daging 1 kilo.

# Terus nanti mecin dalam badan diapain?
Natriumnya kerja sebagaimana garam pada natrium, sementara glutamatnya bekerja sebagaimana glutamat dalam tubuh bekerja. Seperti dijelaskan diatas, glutamat berfungsi dalam proses metabolisme.

# Luar negri pake mecin ngga?
Amerika menggunakan 12,0 gram glutamat perhari (11 gram dari makanan; 1,0 gram dari mecin). Jepang menggunakan 15,9 gram glutamat perhari (14 gram dari makanan; 1,9 gram dari mecin).

# Kajian Keamanan Glutamat dilakukan oleh 4 badan, diantaranya;
FAO dan WHO, European Food Safety and Authority, National Academy of Sciences dan USDFA.

# Peraturan di Indonesia
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 722/ Menkes/ Per/ IX/ 88 Tgl. 20/09/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan (BTP): “MSG adalah BTP penguat rasa yang diizinkan dengan batas maksimum ‘secukupnya’ (sewajarnya sesuai dengan tujuan penggunaannya)

Berarti sama kaya gram dan gula, sewajarnya smile emoticonINGAT SEWAJARNYA YAA, JANGAN DI UYUP ðŸ˜±

# Jadi, amankah MSG itu?
Kesimpulan ulasan, yaitu: AMAN! Yang tidak aman itu kalau berlebihan. Jangankan mecin kalau kelebihan pasti badan ga enak dan mual, garam aja deh contohnya. Kalo makan banyak garam pasti pusing! Itu karena tekanan darah naik. Sama seperti kebanyakan karbohidrat di pagi hari, pasti ngantuk. Makanya, sarapan tuh roti aja jangan nasi uduk! Hehehe

# Glutamat aman buat orang sakit?
Liat infusan deh, komposisinya ada L-glutamic acid.

Jadi, masih ada yang mau mengatakan bahwa mecin bikin bego? Atau berbahaya?
Vetsin alias mecin atau MSG SANGAT BAHAYA KALAU ANDA MAKAN LIMA BUNGKUS SA**A sekaligus!
Terima kasih atas kunjungannya di begini caranya info yang sudah anda baca : Vetsin alias mecin atau MSG SANGAT BAHAYA KALAU ANDA MAKAN TANPA BACA ARTIKEL INI !, bisa anda share dengan link :
http://beginicarabikinnya.blogspot.com/2016/03/vetsin-alias-mecin-atau-msg-sangat.html

Related Posts

Vetsin alias mecin atau MSG SANGAT BAHAYA KALAU ANDA MAKAN TANPA BACA ARTIKEL INI !
4/ 5
Oleh